Home » Labuan Bajo, Pulau Sabolon » Pulau Sabolon – Flores Barat – Manggarai – NTT – Indonesia

Pulau Sabolon – Flores Barat – Manggarai – NTT – Indonesia

kelor

Datang ke perairan Flores di sekitar Labuan Bajo rasanya kurang lengkap bila tidak menikmati wisata lautnya yang masih perawan seperti berenang atau snorkeling di tepi pantai salah satu pulaunya. Di antara berbagai gugusan pulau yang terdapat di wilayah Taman Nasional Komodo memang sudah banyak yang dijadikan sebagai resort bagi para wisatawan.

Di daerah Labuan Rajo, ada banyak sekali pulau-pulau kecil yang sebagian besar belum ditempati, dengan pasir putih yang indah, di dalamnya ada terumbu karang yang cantik yang menjadi perhatian wisatawan dunia. Salah satu yang terbaik adalah Pulau Sabolon.

Dari sekian banyak yang sudah dijadikan resort memang masih lebih banyak yang tetap alami tidak berpenghuni bahkan terjamah tangan wisatawan. Akan tetapi walau tidak berpenghuni pulau-pulau tersebut juga tetap bisa dikunjungi untuk sekedar singgah dan menikmati keindahan di sana seakan memiliki pulau pribadi sejenak. Salah satu pulau yang populer di telinga wisatawan sebagai destinasi wajib untuk disinggahi adalah Pulau Sabolon.

Pulau Sabolo bisa dikunjungi dari Labuan Bajo selama kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kapal motor. Pulau ini mmeiliki luas kira-kira sekitar 20 hektar dengan kontur tanahnya yang membentuk bukit sama seperti pada umumnya semua pulau di wilayah Taman Nasional Komodo. Sebagai pulau yang tidak berpenghuni tentu tidak ada dermaga di sini yang membuat perahu tidak bisa terlalu menepi sampai pantai sehingga kita lah yang harus menjangkau pantai sendiri dengan sedikit berenang.

Penampakan dari jauh pulau ini dengan satu buah bukit besar yang mendominasi wilayah pulau dihiasi dengan putihnya pasir pantai. Saat kapal berhenti di titik paling dekatnya, Anda pasti tidak akan sabar untuk langsung merasakan kesegaran air lautnya yang sangat jernih dan memiliki degradasi berbagai warna biru yang mempesona serta memanjakan mata. Hal pertama yang dilakukan saat berenang tentunya langsung siap memakai perangkat snorkeling sambil menuju pantai.

Dari perairan yang terbilang dangkal saja ratusan macam flora dan fauna laut seperti terumbu karang, ikan badut, ikan warna-warni laut yang tidak tahu namanya mudah ditemui di sini. Bahkan bila beruntung ikan pari juga akan muncul berenang di sekitar laut pulau ini. Pulau Sabolo memang terkenal dengan keindahan bawah lautnya untuk snorkeling yang sudah berkelas dunia. Bila sampai di pantainya Anda langsung merasakan “like a boss” yang memiliki pulau pribadi nan indah.

Anda bisa berguling, berjemur, berlarian di sepanjang pantai tanpa harus peduli mengganggu ketenangan orang lain yang biasanya Anda perhatikan saat di tempat-tempat wisata pantai lainnya. Bila diperhatikan pasir di pulau ini cenderung berwarna ke-pink-an apalagi saat siang hari dan air laut membasahi tepi pantai.

Tidak perlu jauh ke Pink Beach di sini Anda juga akan menemui butiran-butiran kecil pecahan batu karang berwarna pink yang menyatu dengan pasir pantai. Laut sebening kolam renang, pasir merah muda, dan pemandangan bawah laut mengagumkan yang akan Anda nikmati saat singgah di sini.

Pulau Sabolo sudah sangat populer di telinga wisatawan terutama yang memiliki ketertarikan pada keindahan bawah lautnya yang merupakan poin utama pulau ini. Berbagai macam paket wisata yang ditawarkan membuat banyak sekali alternatif yang bisa dilakukan selama di pulau ini.

Tak jarang jika sudah banyak travel agent yang membuat tour menuju pulau ini dengan agenda seperti sekedar singgah untuk snorkeling saja atau bahkan ada agenda seharian di pulau ini sampai matahari terbenam hingga bermalam di perahu yang menepi di dekat pulau. Keindahan yang dimiliki pulau ini seakan menggelitik rasa ingin tahu mengapa tidak ada yang berminat membangun resort di sini.

Dari pandangan mata mungkin kita bisa membuat asumsi sendiri tentang jawabannya yaitu garis pantai yang memang tidak terlalu panjang karena pulau didominasi oleh keberadaan bukit yang menghabiskan lahan untuk pantainya. Sehingga tidak cukup lahan untuk membangun penginapan, sedangkan di pantai itulah biasanya didirikan cottage-cottage untuk para wisatawan.

Salah satu agen travel yang membuat agenda khusus untuk snorkeling trip di Pulau Sabolo full day adalah Indonesia Tropic Holiday yang mematok harga 45 Euro/ orang dengan minimum 2 orang yang mengikuti trip. Fasilitas yang didapat adalah peralatan lengkap snorkeling, makan siang, dan transportasi pp (incl. boat). Trip yang diadakan dari pagi hari berangkat sampai matahari terbenam ada di sekitar perairan Pulau Sabolo.

Bila Anda tertarik Anda bisa hubungi nomor telepon kantornya yang bermarkas di Lombok ke: (0370) 692179 atau bisa dilihat di websitenya http://www.labuanbajo-flores.com . Selain itu ada pula alternatif pilihan yang juga menawarkan paket snorkeling 1 hari di Pulau Sabalon dengan tarif 400 ribu rupiah/orang dengan minimum peserta 4 orang. Fasilitas yang didapat juga hampir sama dengan pilihan di atas.

Untuk kontaknya bisa melihat website http://www.losflorestour.com yang mencantumkan detail kontak personnya atau hubungi kantornya di (0380) 42214. pilihan lain menikmati pulau ini bisa juga dengan menyewa kapal sendiri yang dilengkapi dengan peralatan snorkeling terutama bila jumlah rombongan yang lebih dari 4 orang karena budgetnya akan jauh lebih murah dengan rata-rata harga sewa kapal sebesar 800 ribu rupiah-1 juta rupiah.

Beragam pilihan yang ditawarkan untuk menikmati indahnya pulau ini. Selamat menentukan mana yang terbaik menurut Anda! Rasakanlah memiliki Pulau Sabolo yang rupawan walau hanya sehari!

©RIGHT: Indonesia Tropic Holidays Design : INDONESIA TROPIC HOLIDAYS; 2013 pulau-komodo.com · RSS · Designed by pulau-komodo.com · Powered by lombokMarine